Pages

Minggu, 30 April 2017

Pengalaman kirim paket dari Indonesia ke Jepang

Bulan April ini, saya akan mengirimkan paket kecil (surprise) buat teman saya nun jauh di sana. Dia suka sekali nasi goreng, Jadi saya putuskan kirim 2 pack bumbu nasi goreng  merek Pr*nas, 1 pack merek M*nik dan 1 pack krupuk udang. Bumbu tersebut udah lolos uji materiil dan dijamin enak menurut saya dan dan berdasarkan testimoni-testimoni di internet. Yang merek Pr*nas ini ga ada di toko-toko /habis jadi susah banget carinya. saya putuskan beli online di blanja.com
(jangan tanya emang di sono ga ada? Setau saya ada sihh  merk lain ,gatau rasanya enak /ga)

Selanjutnya kirim pake apa? tentu saya pilih Pos Indonesia dong yang walau bagaimanapun tetap terpercaya ( karena saya pernah baca pengalaman buruk orang yang dengan Fedex Indonesia)  & tarif Pos Indonesia tetap yang paling hemat (setelah saya bandingkan dengan layanan paket lain).

Layanan paket Internasional di Pos Indonesia ini bermacam-macam ya, bisa dilihat sendiri >> http://www.posindonesia.co.id/index.php/produk-dan-layanan-internasional/

Express Mail Service (EMS)
menu-posinternasional-min
Paket Cepat Internasional
Pos Ekspor
Pos Tercatat Internasional
Paket Biasa Internasional
Pos Udara Internasional


Tarif paket EMS terbaru mulai 2016 bisa dicek di sini  http://ems.posindonesia.co.id/tarifems.html


Senin siang tanggal 10 April, saya datang ke kantor pos terdekat untuk segera kirim paket ini,
dan ditolak. Alasannya adalah bumbu yang saya berbentuk cairan. (tepatnya pasta),
ga akan lolos scan petugas bandara dan barangnya akan balik lagi di kantor pos dan duit pengiriman ilang ga bisa direfund, sedangkan  kalau berupa bubuk boleh.
 (Hhuahahaha udah jombs, kirim paket aja ditolak 💔💔💔💔💔💔💔💔)
dalam hati walaupun ini cairan tapi kan bukan barang berbahaya ataupun obat terlarang .ok ok, gapapa ini ujian pelajaran.
Buat yang awam kayak saya,berikut list barang -barang yang dilarang :
 http://www.posindonesia.co.id/index.php/mempersiapkan-kiriman-internasional/

Contoh :
difotoin sama petugas baik hati

Setelah memutar otak seharian, tanggal 12 saya balik lagi ke Kantor Pos kali ini paket saya lolosss sensor. (ya jelas karena yg saya kirim tinggal krupuknya aja !! 😪 ) sebenarnya saya tambahin souvenir kecil beserta surat minta maaf karena saya ga bisa kirim komplit sesuai yang saya harapkan.

Mbak petugas menawarkan menggunakan  paket EMS 4-9 hari dg tarif Rp 250.000 untuk ukuran 350gr
Pikir saya ya kali biaya kirim lebih mahal daripada isinya yang cuma krupuk yang tak seberapa ini.
Jadi saya tetap memutuskan pakai jenis kiriman : Surat R LN, dengan estimasi 2-3 minggu, lalu  saya kasitau temen saya biar ga usah sabar menanti, karena sebelumnya dy bilang: i'm looking forward to getting ur package. Bisa gawat kalau udah ditungguin lama-lama  dg ekspektasi tinggi dan pas dibuka isinya 'DANGG 'doang .






Setelah 12 hari begini kenampakan tracking paket saya...


Ya inilah pengalaman pertama kirim paket ke luar negeri., selama ini seringnya dapat kiriman dari luar negeri aja.
Semoga bermanfaat ya,
Semoga ke depan Pos Indonesia bisa mengakomodir jenis barang sepele dan tak berdosa seperti ini,sehingga mampu membantu melancarkan LDR umat manusia.

4 komentar:

Shanti Arlina mengatakan...

wkwk, cowonya yah mba :D aku dulu jg pernah tuh kirim utk boyfriend di Japan, tapi waktu itu bukan berbentuk cair sih, dikasih tau temen suruh pakenya SF Express, kirim alhamdulillah gak lama sampenya, ongkirnya murah lagi mbak.

Unknown mengatakan...

Kak itu kirim paket barang ke jepang berapa biayanya? Kemarin aku nanya ke kantor pos mereka bilang gak bisa kirim paket barang pake perangko :( ya mikir juga ya kali biaya kirim lebih mahal dari barang yang mo dikirim 😩 padahal udah ditunggu nih paketan barang sama temen disana.
Itu kakak ngirim paket barang pake jenis surat RLN? Lah kok bisa? Bukannya cuma bisa pake surat ya??

dreamersonata mengatakan...

@Shanti hanya pedekatean yg tak kunjung datang ke Indonesia mbak hahaha.. Wow baru tau nih ada SF express, Sepertinya tidak semua kota di Indonesia ada ya? Terimakasih banyak infonya

dreamersonata mengatakan...

halo @unknown waktu itu 350 gr Rp 130an ribu ya...
Seingat saya Surat RLN itu adalah kategori termurah (pakai kapal laut ) jadi sampainya sekitar 15 hari lebih.
Sedangkan EMS pakai pesawat terbang (makanya lebih mahal)

kalau untuk paket berupa barang tetap tidak bisa pakai perangko ya.. hitungannya kiloan. Perangko hanya untuk lembar surat dan kartu pos

Posting Komentar